selamat datang, salam kenal :)

Kamis, April 19, 2012

Clay

Proyek seni budaya bulan ini adalah pembuatan clay.

Saat tangan Bu Heni - guru kesenian saya- menguleni adonan tepung clay, kelihatannya kok gampang sekali, ya. Tapi begitu saya mencobanya sendiri, yang ada malah tangan saya belepotan lem dan itu sulit sekali dibersihkan.

Ada yang belum tau bahan-bahan membuat clay? Di sini saya akan sedikit berbagi.

Sebenarnya untuk membuat clay itu tidak mutlak menggunakan bahan yang saya sebutkan di bawah ini, tapi berhubung di sekolah disuruhnya pakai itu, ya itulah yang saya sebutkan.

- lem kayu putih
- tepung terigu
- tepung tapioka
- tepung beras
- natrium benzoat (pengawet)
- baby oil (bisa diganti minyak goreng)
- cat air (bisa pakai cat akrilik atau cat poster)

cara membuatnya sebagai berikut
  • campurkan tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras dengan perbandingan 1:1:1, tambahkan natrium benzoat sesuai selera.
  • masukkan lem secukupnya, uleni sampai kalis
  • tambahkan baby oil agar tidak cepat kering
  • beri warna dengan cat air, dan bentuklah sesuai yang anda inginkan.
catatan : simpan clay yang tidak sedang dibentuk ke dalam plastik, hindarkan hubungan langsung dengan udara karena clay ini cepat mengering.



Ini sedikit dari hasil percobaan tangan saya.































Hanya saja, saya merasa bahwa warna-warna clay ini saat keringnya malah terlihat kusam. jelek. Menurut info yang saya dapat, supaya warna clay berubah jadi mengkilap kembali, cukup dioleskan vernis.

Saya cobakan pada makhluk-makhluk bulat saya ini dan yah, sibulat jadi lebih keliahatan menggemaskan. (ini menurut saya loh ya, jangan ada yg protes!).


















Karya terkeren oleh salah seorang teman saya, Herlin Aniko (lambai-lambai ke Herlin).























Lalu karya yang mana yang akan kelompok saya kumpulkan kepada Bu Heni? Makhluk-makhluk bulat itu? Atau sang detektif autis?

Bukan. Karya yang akan kami kumpulkan masih dalam tahap proses pengerjaan. Semoga saja hasilnya lebih baik lagi :D

4 komentar:

Rohis Facebook mengatakan...

imut2.., kreatif..! :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah lucu lucu...

cefstory mengatakan...

wah lucu2 juga ya.. :)

obat herbal tricajus mengatakan...

mantap neng