selamat datang, salam kenal :)

Senin, April 30, 2012

Peringatan Hari Kartini SMAN 1 Martapura

Happy Kartini's Daaay!! *telaaat, bletaak!!*

Ah tak apa, Smama aja telat kok memperingati hari Kartini-nya. Hari kartini yang jatuh di tanggal 21 April malah diperingati di tanggal 28 April. Kenapa? Silahkan tanya osisnya.

Jujur saja, saat ada pengumuman bahwa Smama akan mengadakan hari kartini, ketika para siswanya diwajibkan memakai baju batik dan siswinya diwajibkan memakai kebaya, saya sudah berniat bolos di hari tersebut. Pakai kebayaa?? Bukan saya bangeett.. Seumur-umur saya belum pernah make kebaya. Ngeliat kebaya aja rasanya udah gerah. Dan lagi, kebaya itu kan pasangannya mesti highheels. Nggak kebayang gimana saya kalo pake highheels. Takutan tepelecok.

Tapi akhirnya, saya malah menjadikan ini sebagai suatu tantangan. Memangnya kapan lagi saya bisa mencoba memakai kebaya, selain di momen hari kartini ini? Kondangan emak-emak? Ogah ih.





















Tibalah hari H.

Benar-benar seru ternyata. Di peringatan hari kartini ini disediakan 4 macam lomba; lomba kebersihan kelas, lomba fashion show, lomba pensi + yel-yel, dan lomba masak putra.

Jadi, mari kita lihat lomba apa saja yang telah dituai oleh XI IPA 1..


















Kelas saya, kelas-kebanggaan-saya, telah berhasil menyabet juara 1 di lomba fashion show dan lomba masak putra! Jadilah mereka menyebut bahwa IPA 1 pinter masak dan pinter dandan. hihihi.. "Ntar kalo lulus Smama, kita buka restoran aja" kata mereka. Walaupun dalam lomba masak ini mereka sempat kehilangan gelas dan piring - ada yang nyolong-, tapi toh mereka tetap menunjukkan kemampuan mereka.

Ada yang mau tau resep nasi goreng dari kelas saya? Mari lihat wawancara saya kepada salah seorang teman saya yang ikut lomba masak ini, Herendha Priyandha.
saya : *berbisik* "rendh, apa resep nasi goreng yang kemaren?"
herend : *berbisik balik* "kegantenganku.."
*hening*

Tapi narasumber yang lain, Putri Wulandari, lebih percaya bahwa resep rahasia nasi goreng ala IPA1 adalah 'timun cinta Sajid', timun yang diukir perlahan dengan penuh cinta oleh Muhamma Sajid Julianoor. -.- gaje abis.
















Kalau boleh saya buka aib mereka, ketika latihan masak nasi goreng di rumah Cacha, mungkin anda-anda sekalian belum pernah mencicipi nasi yang dimasukkan dalam wajan tanpa minyak goreng dan dicampur sedikit kecap. Dalam sekejap nasi goreng itu terhidang mengerikan -.-

"jarku hadangi setumat bagiannya ai aku meambilakan minyak goreng dehulu di sebelah,sekalinya pas aku bebulik membawa minyak goreng, nasi gorengnya sudah jadi. hen, harat kelo bagian lakiannya ni" jelas Cacha.

Lalu mengenai fashion show, menurut seorang Juri, "Kartini itu pakaiannya tidak mesti mewah, yang sederhana tapi bisa mengeluarkan kemewahan dari dalam itu yang 'wah'. dan itu terdapat di peserta dari IPA1" dan menurut banyak gadis "Kartono nya gagaah!!" :D *big applouse buat Nadia dan Rifqi*
















Bagaimana dengan nasib kebersihan kelas? Jangan salahkan kami kalau bahkan juara 3 pun tidak kami dapat. Kami kebagian kelas yang, ehem, terletak di bangunan lama. Kotor, gelap, suram, meja kayu, cat terkelupas, cahaya matahari tidak masuk, tekel buram. Setelah kami bersihkan pun tetap saja tidak ada perubahan drastis.

Dan untuk Pensi, jujur saya katakan bahwa kelas lain memang keren-keren.

---

Sekarang sudah akhir masuk awal Mei, tahun ajaran sudah hampir berakhir. Mungkin ada kerusakan di otak saya, rasanya baru beberapa bulan yang lalu masuk kelas XI. Kenapa sekarang sudah mau ulangan kenaikan kelas lagi?

Kamis, April 19, 2012

Clay

Proyek seni budaya bulan ini adalah pembuatan clay.

Saat tangan Bu Heni - guru kesenian saya- menguleni adonan tepung clay, kelihatannya kok gampang sekali, ya. Tapi begitu saya mencobanya sendiri, yang ada malah tangan saya belepotan lem dan itu sulit sekali dibersihkan.

Ada yang belum tau bahan-bahan membuat clay? Di sini saya akan sedikit berbagi.

Sebenarnya untuk membuat clay itu tidak mutlak menggunakan bahan yang saya sebutkan di bawah ini, tapi berhubung di sekolah disuruhnya pakai itu, ya itulah yang saya sebutkan.

- lem kayu putih
- tepung terigu
- tepung tapioka
- tepung beras
- natrium benzoat (pengawet)
- baby oil (bisa diganti minyak goreng)
- cat air (bisa pakai cat akrilik atau cat poster)

cara membuatnya sebagai berikut
  • campurkan tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras dengan perbandingan 1:1:1, tambahkan natrium benzoat sesuai selera.
  • masukkan lem secukupnya, uleni sampai kalis
  • tambahkan baby oil agar tidak cepat kering
  • beri warna dengan cat air, dan bentuklah sesuai yang anda inginkan.
catatan : simpan clay yang tidak sedang dibentuk ke dalam plastik, hindarkan hubungan langsung dengan udara karena clay ini cepat mengering.



Ini sedikit dari hasil percobaan tangan saya.































Hanya saja, saya merasa bahwa warna-warna clay ini saat keringnya malah terlihat kusam. jelek. Menurut info yang saya dapat, supaya warna clay berubah jadi mengkilap kembali, cukup dioleskan vernis.

Saya cobakan pada makhluk-makhluk bulat saya ini dan yah, sibulat jadi lebih keliahatan menggemaskan. (ini menurut saya loh ya, jangan ada yg protes!).


















Karya terkeren oleh salah seorang teman saya, Herlin Aniko (lambai-lambai ke Herlin).























Lalu karya yang mana yang akan kelompok saya kumpulkan kepada Bu Heni? Makhluk-makhluk bulat itu? Atau sang detektif autis?

Bukan. Karya yang akan kami kumpulkan masih dalam tahap proses pengerjaan. Semoga saja hasilnya lebih baik lagi :D

Jumat, April 13, 2012

Libur Lagi

Yeah, semester ini memang penuh bertabur liburan :) tapi tentu saja tidak adil, liburnya kami kan me'numbal'kan para kakak kelas yang try out dan UAS dan UAN dan lain-lain, yasudahlah~ *pukpuk kakak kelas*

Ya ampun, saya benar-benar merindukan Takuya's Page! Untunglah masih belum expired setelah sekian lama saya telantarkan.. Apakah saya harus melakukan sebuah demo anarkis agar tuntutan modem saya dipenuhi oleh orang tua saya?

Libur panjang yang terakhir ini tidak akan saya sia-siakan dengan melakukan hal-hal berat. Tidur dan nonton tv seharian mungkin akan menjadi liburan terbaik sebelum saya dihadang ulangan akhir semester. ah. bahkan libur semester pun tidak sepanjang libur yang menumbalkan kakak kelas ini. ironis.