selamat datang, salam kenal :)

Minggu, Desember 04, 2011

Perbedaan Pendidikan di Indonesia dan Jepang

Membicarakan masalah pendidikan, biasanya yang langsung terbersit di pikiran kita adalah masalah sekolah. Kenapa sekolah? Karena di sekolah itulah tempat kita ditempa habis-habisan untuk belajar. Padahal belajar tidak hanya di sekolah, kan? Tetap saja, tempat belajar yang paling berasa itu ya di sekolah. Ada guru, ada teman-teman, ada buku paket, dan lain sebagainya. Terlebih kalau bertemu dengan guru yang killer. Pelajaran yang mudah pun bisa jadi punya sensasi tersendiri.


Kembali ke pendidikan. Kembali ke sekolah.

Saya hanya ingin sedikit mengulang cerita yang disampaikan guru PKn saya, pak Parno. Kata beliau, saat beliau mengikuti sebuah seminar di sebuah tempat, ada pembicara yang berkata,

"Sekolah di Indonesia itu berbeda dengan sekolah di Jepang. Kalo di Jepang, murid-muridnya disuruh oleh gurunya untuk menceritakan hal-hal yang membuat mereka terinspirasi."

"Sedangkan di Indonesia, murid-muridnya selalu diberi soal dan soal untuk dikerjakan. Oleh karena itulah sekolah-sekolah di Indonesia banyak meluluskan murid-murid yang penuh persoalan".



Saya tertawa ketika beliau bercerita begitu.

5 komentar:

Ocky Fajzar mengatakan...

"...meluluskan murid-murid yang penuh persoalan" hahahaha bener juga ckckck

Adit Mahameru mengatakan...

yg utama dan pasti..bedanya adalah BAHASANYA...Cmiiw..

Muhammad A Vip mengatakan...

benar, saya yang sudah lulus lama masih juga menanggung persoalan itu. sekolah di sini tak beda dengan jalanan rusak, bikin kendaraan yang telah melewatinya jadi bobrok.

@helgaindra mengatakan...

"Oleh karena itulah sekolah-sekolah di Indonesia banyak meluluskan murid-murid yang penuh persoalan"

+1 deh buat quote ini!

Asop mengatakan...

Kamu baca koran baru2 ini? Ada anak yang sudah SMP ternyata masih gak bisa baca dengan lancar... :( Dia membaca huruf bisa, membaca satu kata bisa. Tapi tak lancar membaca satu rentetan kalimat.

Menyedihkan ya... :(