selamat datang, salam kenal :)

Selasa, Juli 05, 2011

Me and My Kite-Mate

Bosan liburan di rumah, saya berinisiatif ke rumah teman saya yang berada di Desa Jingah Habang, kecamatan Karang Intan, kabupaten Banjar. Namanya Fatimah.

Rumahnya cukup jauh. Mungkin sekitar 20 km dari rumah saya. Setengah jam saya baru sampai sana. Tapi no problemo.. Daripada liburan cuma diem di rumah, atau menghabiskan uang, mending saya main di sana. Tujuan saya ke sana itu untuk : main layang-layang! :D di sekitar rumah saya ga bisa sih, terlalu banyak bangunan =.=

Sekitar jam 11 pagi saya sampai di sana. Trus saya bersama Fatimah langsung nyari warung yang jual layangan. Karena layangan kertas minyak sudah habis, jadinya kami beli layangan dari plastik. Murah deh, cuma 2ribu.


(yang di pantai itu kebih kecil dari ini tapi harganya 5ribu =.=)









Layang-layang saya beri buntut dari koran agar mudah terbang. Setelah segalanya siap, saya bersama Fatimah langsung ngambil tempat di bawah pohon di tengah-tengah ladang bunga melati, yang agak jauh di sebelah timur dari rumah Fatimah (karena desa, di sana banyak kebun, dari kebun melati, kebun kenanga, sawah, dan kebun-kebun yang lain). Kita terbangin deh layangannya. Beberapa puluh menit berlalu. Beberapa kali pula benang gelasan saya nyangkut di pohon. Hari semakin panas, saya dan Fatimah menyerah. Kami kembali ke rumah Fatimah.

Sore datang. Jam setengah 4. Kami kembali ke ladang, kali ini ke sawah yang lagi dipanen. Angin bertiup kencang. Tapi, anginnya itu malah bertiup ke arah matahari bersinar. Yah, jadilah saya menantang matahari, main layangan sambil kedip-kedip mata. =.=" Panas boook..

Tidak jauh dari tempat saya menarik ulur layangan, ada 2 petani sedang memanen padi. Dengan baik hatinya mereka menunjukkan saya tempat berteduh, di bawah sebuah pohon kecil. Ya wis saya turutin. Saya duduk beralaskan batang-batang padi kering sambil menarik ulur layangan, sekalian ngobrol sama Fatimah dan 2 bocah kecil anak-anak petani tersebut.

Lama saya bermain di sana. Saya ulur benang gelasan saya sampai maksimal. Layangan saya terbang jaaauuh ke arah barat, ke arah matahari bersinar. Untungnya tidak ada layangan lain yang mencoba memutuskan layangan saya. Tapi karena saya lengah, benang gelasan saya malah nyangkut lagi di pohon tempat saya berteduh. Ya elah...

Hari beranjak sore. Jam 5, saya janji sama orang rumah buat pulang jam segitu. Jadi yaudah, kaleng benang gelasan saya sangkutin ke pohon tempat nyangkutnya benang gelasan saya. Saya ajak Fatimah balik ke rumahnya, sedangkan layangan saya masih terbang dengan gagahnya di arah barat. Sepanjang perjalanan saya berkoar-koar, "layanganku tu! Hebat kan bisa terbang sendiri!"

Saat berjalan mendekati rumahnya Fatimah, layangan saya masih terbang. Tapi ada yang berbeda, layangannya bergerak-gerak ke sana kemari. Oh! Ada 2 layangan lain yang ngajakin layangan saya bertarung! Gile aje wong layangan saya berusaha sendiri tanpa bantuan saya, kasian sih.. Tapi, yaudah saya tinggalin aja. Kalo emang ga jodoh sama layangan itu yaudah. Kalo putus, pasti ada yang ngambil kan..

Sampai di depan rumah Fatimah, ada sesuatu yang bergerak melayang di atas.

Waaaaaa itu layangan saya! layangan saya! layangan saya putus! Hebohlah saya dan Fatimah. Kami langsung sama-sama mengejar layangan biru berbuntut itu. Tapi yang menyebalkan, ada seorang anak laki-laki baru gede yang ikutan ngejar. Akh menyebalkan. Itu punya gue woooyy!!

Anak laki-laki itu malah naik-naik bangunan balai desa untuk menangkap si layangan saya. Tapi layangan saya tetap terbang, dan saya tetap mengejarnya. Hingga akhirnya layangan itu hinggap di telapak tangan saya.

"Layangannya gamau pisah sama kamu, Rel. Dia pengen kamu bawa pulang kali. Kasian tuh dia sudah berusaha gitu nemuin kamu" gurau Fatimah saat saya berniat menitipkan layangan saya di rumah dia. hehe.. Jadi akhirnya layangan itu saya bawa pulang dengan penuh perjuangan. Sampai rumah, buntutnya udah copot, huhu... Tapi gapapa, yang penting dia ada di rumah saya sekarang, 'my kite-mate', hehe

--
lucu.

temennya ibunya fatimah : dari mana? nginep di sini, ya?
saya : engga, nanti sore pulang. hehe. dari sei. pering, di jl. anu.. hehe

gadis kecil temennya fatimah : nginep di sini ya?
saya : nanti sore pulang, hehe

cowok gede temennya fatimah : fat, main layangannya sampai kpn?
fatimah : sampai jam 5 aja. tmn ku takut pulang kesorean
cwk gd tmnny f : kenapa ga nginep aja
saya : gamau, hehe

Amin, adiknya fatimah : nginep di sini aja ka, nanti kaka tidur di sini, ka Fatimah di sini, Amin di sana..
saya : kaka pulangnya sore aja, Min, he

Petani : Nginep di rumahnya Fatimah ya de?
saya : engga, hehe
p : dari Jawa ya?
s : *gubraaak* engga,
p : dimana rumahnya?
s : di sei.pering, hehe

Kenapa begitu banyak yang membahas nginap-nginap itu ke saya yah, eng... apa karena wajah saya yang terlalu 'asing'? uuung =.=" Keliatan deh orang sana tu kenal banget satu sama lain, saling sapa kalo ketemu. Dan saya terlalu terbiasa hidup mengurung diri di rumah =.=

sampai rumah
saya : maaaa, muha ulun ni Jawa banar kah?
mama : iyalah, bapaknya orang Jawa ko. tapi kada bisa bahasa jawa, *ktawa*

10 komentar:

catatan kecilku mengatakan...

Asyiknya yg bisa main layang2... jadi ingat masa kecilku dulu deh... hehehe

jejak langkahku mengatakan...

Ajarin shasa main layangan dong...

bloggerhp mengatakan...

lain x ikutan ah main layangan,,

Rismanto mengatakan...

biarpun cewek tapi tetep gak takut berpanas2an menerbangkan layangan. SUGOI!!

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah asiknya...main layangan... gak takut hitam toh? salut deh

Gaphe mengatakan...

jadi inget dulu pas kecil saya juga seneeeng banget mainan layangan di lapangan depan rumah eyang.. seneng lagi juga kalo pas ngejar layangan putus sampe genteng tetangga. hahaha

My Blog Blogspot mengatakan...

Postingan yang bagus kawan
sukses selalu ya

Ellious Grinsant mengatakan...

Liburan yang seru...
btw, dari dulu nggak pernah jago tuh saya main layang2an, hehehe...

Bang Pendi mengatakan...

numpang mampir ah...mo ngejar layangan! hehe

Febriasop mengatakan...

Astaga... bentar saya inget2 dulu, kapan terakhir kali saya main layangan.... *berpikir*





Oh ya, pas saya SMP!